New Indonesia

 

New Indonesia : Local Culture and Heritage Magazine

(Zero Edition on November 2009)

Free from Lubis Grafura (setelah saya berhasil menjawab salah satu tebakannya, hoho :p)

New Indonesia adalah sebuah majalah budaya yang mengangkat topik dan artikel-artikel mengenai kebudayaan di seluruh Indonesia. Selain mengeluarkan sebuah majalah, secara berkala New Indonesia juga membuat proyek buku yang dinamai sama (‘New Indonesia’) yang secara khusus membahas satu demi satu kebudayaan di Indonesia secara rinci.

Dan yang di atas itu adalah gambar dari buku New Indonesia edisi Batik Malang. Dalam buku ini dterdapat beberapa artikel mengenai batik Malang, yang ternyata saya sendiri (sebagai orang Malang) malah baru tahu *doh!* (ya, saya tahu… betapa durhakanya saya sebagai warga Kota Malang :p)

I give salute to this book, karena kembali mengangkat seni dan budaya yang sudah hampir dilupakan oleh masyarakat (bahkan di daerah itu sendiri). Memberikan tamparan jelas, secara bagaimana bisa saya sendiri tidak mengetahui budaya saya? tapi tentunya lebih banyak memberikan pencerahan. Buku ini juga salah satu bukti tindakan bahwa KITA MENCINTAI BUDAYA KITA, and WE STILL WANT THEM TO BELONG TO US! Nggak hanya menghabiskan nafas untuk mengecam negara tetangga yang sepertinya mengklain budaya kita. This is an action!

Jangan cari buku ini, karena pastinya nggak akan ketemu. Buku ini dipasarkan di beberapa negara seperti Jepang, Singapura, dll. (FYI : buku ini dibuat bi-lingual alias dua bahasa, Inggris dan Indonesia – semakin jelas kan arah pembuatan buku ini kemana? hehe). Dan terima kasih pada Mas Lubis Grafura yang sudah memberikan saya satu copy dari buku yang limited ini, hehe ^^

cant wait for the next edition of this New Indonesia book… budaya mana lagi yang akan diulas pada buku selanjutnya.. hmm… your culture, maybe?😉

Leave a Reply

