6 Manfaat air: Salah satunya membuat otak lebih cerdas?

Air memiliki porsi 60% dari keseluruhan tubuh kita, dan sangat penting bagi semua sel dalam tubuh. Jadi, tak mengejutkan saat sebuah penelitian di British Psychological Society Annual Conference di London menemukan bahwa mahasiswa yang membawa minuman saat ujian memiliki nilai yang lebih tinggi daripada mahasiswa lain yang tidak membawa air minum.

Sayangnya, peneliti tidak meneliti apakah para mahasiswa itu meminum air yang mereka bawa. Namun peneliti tetap berpikir bahwa meminum air dapat meningkatkan kekuatan berpikir para mahasiswa dan meredakan kecemasan mahasiswa yang sedang mengikuti ujian.

Selain penemuan bahwa air bisa membuat otak lebih cerdas, air juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Apa saja? Inilah manfaat-manfaat air seperti dilansir oleh Yahoo! Shine.

1. Mencegah mulut kering
Air bisa membuat tenggorokan dan bibir Anda lembab dan mencegah mulut Anda terasa kering. Mulut yang kering dapat menyebabkan bau mulut dan rasa yang tidak enak.

2. Mendukung kesehatan kardiovaskular
Dehidrasi bisa menurunkan volume darah Anda, sehingga jantung Anda akan bekerja lebih keras untuk memompa darah dan memberikan asupan oksigen yang cukup untuk sel. Ini akan membuat aktivitas seperti berjalan dan berolahraga menjadi sulit.

3. Menjaga tubuh tetap segar
Tubuh Anda melepaskan panas dengan melebarkan pembuluh darah ke permukaan kulit. Ini juga menjadi alasan mengapa wajah Anda terlihat merah saat berolahraga. Hal ini menyebabkan aliran darah yang lebih banyak dan lebih banyak panas yang dilepaskan ke udara. Ketika Anda mengalami dehidrasi, membutuhkan suhu lingkungan yang lebih tinggi untuk memperbesar pembuluh darah, sehingga Anda akan tetap merasa panas.

4. Memudahkan kerja otot dan sendi
Saat cairan tubuh Anda terpenuhi dengan baik, air yang ada di dalam dan luar sel otot yang berkontraksi akan menyerap nutrisi dan mengeluarkan limbah, sehingga Anda bisa bekerja dengan lebih baik. Air juga penting sebagai pelumas pada sendi.

5. Menjaga kulit tetap elastis
Saat seseorang kekurangan cairan tubuh, maka kulitnya akan menjadi kurang elastis. Ini berbeda dengan kulit kering yang biasa disebabkan oleh sabun, atau udara kering.

6. Membersihkan racun dalam tubuh
Ginjal Anda membutuhkan air untuk menyaring racun dari darah dan mengeluarkannya melalui urin. Memenuhi kebutuhan cairan tubuh akan membantu saluran kencing Anda dari infeksi dan mencegah batu ginjal. Jika Anda kekurangan cairan, ginjal Anda bisa saja berhenti bekerja dan membuat tubuh Anda dipenuhi racun.

Itulah enam manfaat air bagi tubuh kita, dimana salah satu temuannya adalah bisa membuat otak kita bekerja lebih baik.

Sumber: merdeka | Berita Sukhoi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s