Merokok pada masa kehamilan tingkatkan risiko asma pada bayi

Sebuah penelitian menemukan bahwa anak yang ibunya merokok selama mengandung kemungkinan besar berisiko terkena asma dibandingkan dengan anak lainnya.

Penemuan yang berasal dari penelitian yang dilakukan pada sekitar 2.500 anak di Amerika Serikat ini membuktikan bahwa merokok pada masa kehamilan bisa mempengaruhi kesehatan paru-paru anak di masa depan.

Ketua penelitian Sam Oh dari University of California San Fransisco mengatakan saat ini sudah ada banyak alasan bagi wanita untuk berhenti merokok, sebelum dan selama mengandung.

“Kehamilan adalah kesempatan besar untuk berhenti merokok,” kata Oh seperti dilansir oleh Reuters.

Merokok selama masa kehamilan berkaitan dengan peningkatan risiko keguguran, berat lahir kurang, cacat lahir, atau komplikasi kehamilan lainnya.

Selain itu, banyak penelitian telah menemukan bahwa asap rokok dapat memperburuk gejala asma pada anak dan kemungkinan meningkatkan risiko mereka terserang penyakit paru-paru. Risiko ini juga terkait dengan merokok selama masa kehamilan.

Penelitian ini juga menemukan bahwa risiko asma pada anak-anak lebih banyak menimpa keluarga berpenghasilan rendah. Di Amerika Serikat sekitar 16% dari 2.481 anak-anak kulit hitam dan Hispanik yang berasal dari keluarga berpenghasilan rendah terkena asma.

Sekitar 30% dari anak-anak Hispanik dan 38% anak-anak kulit hitam memiliki gejala asma yang tidak terkontrol, dan risiko asma menjadi bertambah parah bagi 50% dari mereka yang ibunya merokok pada masa kehamilan.

Asap rokok juga bisa berpengaruh secara langsung pada janin, seperti mengganggu perkembangan paru-paru, atau memiliki efek permanen pada aktivitas gen tertentu.

Beberapa ibu hamil yang merokok mungkin dapat berhenti dengan mencari bantuan konseling. Dalam beberapa kasus, dokter bisa memberikan perawatan seperti terapi nikotin atau menyarankan diet tertentu.

Sumber: merdeka | Berita Sukhoi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s