Usai Kemarin

So Yesterday... by Anonymous
Sooooo Yesterday… by Anonymous

Pernah…
setiap tokoh utama dalam ceritaku adalah kamu
rambutnya, matanya, senyumnya, sifatnya,
bahkan namanya, pasti mirip-mirip denganmu
Kini tak lagi…

“Karena aku sudah selesai dengan masa lalu,” bisik hatiku ketika melewatimu.

Tak ayal, masih saja ada yang bergetar. Sedikit memang, tapi tetap terasa. Ada yang bertanya-tanya. Ada yang penasaran. Sebagian senang. Sebagian lagi sebal. Ini aneh. Sebenarnya akan lebih baik kalau mereka bungkam.

Gurame bakar, terhidang dengan bumbu yang menggoda lidah. Nasi dua bakul mengepul hangat. Tapi seleraku lenyap. Dua kucing kelaparan jadi beringas. Mengoyak daging dan duri, serta sambal pedas. Belum lagi kucing kecil yang ikut berebut sisa kepala ikan. Aku tak khawatir. Sedang tak ingin makan.

Cappucino hangat, cocok dengan udara lembah yang tak bersahabat. Dinginnya bawa gigil. Tapi beku yang ini berbeda. Butiran es masuk ke otak. Ke hati. Menggelitik. Aku ingin tersenyum, tapi juga menangis.

Sebal rasanya. Aku berharap tak melihat. Berharap tak pergi. Bergelung dalam selimut seharian sepertinya nyaman. Aman. Aku puas tidur. Pikiranku puas melantur.

Tapi tak akan kudapatkan tawa. Atau dingin yang hangat, ketika berlari dalam hujan. Tak ada tawa-tawa kecil ketika berlindung dalam mantel hujan. Biru, oranye, merah. Berjalan beriringan dengan pongah. Biarkan saja, ini tak ada hubungannya dengan kamera.

Hari itu aku senang. Siapa, aku sudah tahu jawabannya. Aku suka diriku hari ini. Sayangnya tak diakhiri dengan senyum. Hujan reda, tapi mendung baru datang. Seharusnya aku tak kembali. Tapi ada yang harus dijemput. Hingga harus bertatap muka. Ah, sialnya.

Aku sudah selesai dengan masa lalu. Terutama yang tak bisa kugenggam. Terutama yang tak pernah kudapatkan. Karena aku sudah tak ingin. Dulu iya, tak lagi kini.

Tapi tampaknya aku belum selesai. Menyiapkan diri, ketika masa lalu itu kembali.

#I was a different person yesterday

2 thoughts on “Usai Kemarin

Leave a Reply

