SILANANDA, bukan yang lain: Ini hanya catatan tentang nama

Silananda
My name, Silananda

Salah seorang teman fb saya menulis:
“Mbak, banyak orang yang salah mengartikan namaku. Aslinya Ielma malah jadi Lelma. Dikira huruf depanku itu ‘L’ kecil.”

Hahahaha… Welcome to the club!

Saya tidak sedang menertawakannya… tapi menyambutnya menjadi anggota kelompok EMN.
EMN adalah istilah saya untuk nama yang seringkali disebut secara salah oleh orang lain.
Easily Mistakable Name… so familiar as to be easily identified for another name.

Nama saya juga punya tingkat EMN yang lumayan. Dan saya berterima kasih pada orang tua saya, haha
Sejak kecil, saya terpaksa membuat orang bertanya dua kali saat menanyakan nama saya. Atau paling tidak membuat mereka sedikit mengernyitkan dahi. Yang paling jujur bahkan pernah bertanya, “Mbak, Islam?” hehehe… untuk yang ini, alhamdulillah sudah berhenti sejak akhir 2011.

Tak hanya masalah lisan, penulisan nama “Kun Sila Ananda” juga seringkali salah. Nama saya pernah ditulis “Hun Sila”, “Kun Sita”, “Kunsilah”, “Kun Sila Amanda”, dan yang paling parah “Hum Sita”. Hwahahaha… saya cuma bisa tertawa. Tawa yang rasanya seperti cuka.

Nama pena saya “Silananda”, ternyata juga mengalami nasib yang serupa. Salah satu guru menulis saya bahkan pernah menulis nama saya “Silandra”. Untungnya hanya satu kali.

Jika nama Anda sering diucapkan atau ditulis salah oleh orang lain, Anda pasti tahu perasaan saya. Jika tidak, membayangkan saja sepertinya tidak cukup, hehe.

Untuk teman FB saya di atas, juga orang-orang di dunia ini yang punya nama dengan tingkat EMN yang tinggi… saya cuma ingin bilang… jangan khawatir. Bergembiralah dengan nama Anda. Jika ada orang yang menulis atau menyebut nama Anda dengan salah sekali saja… maklumilah. Maafkan. Mungkin nama Anda memang aneh, tidak biasa, tidak cocok dengan lidah manusia, tidak ada maknanya bagi mereka.

Tapi setelah itu lakukan sesuatu. Sesuatu yang besar. Lakukan hal yang besar menggunakan nama Anda. Buat mereka semua mengingat nama Anda. Buat orang-orang yang menyebut dan menulis nama Anda dengan asal-asalan itu mengoreksi kata-kata mereka sendiri.

Lalu pastikan… setelah itu, tak akan ada lagi yang menulis nama Anda dengan improvisasi. Kecuali Anda sendiri tentu saja😉

Jelas ya?

Saya menunggu nama Anda keluar dari daftar EMN secepatnya🙂

Jabat erat,

Leave a Reply

