once upon a night

Sudah lewat tengah malam dan bar itu akan segera tutup. Yang tersisa di dalamnya hanya seorang pria. Dari beberapa gelas yang sudah tandas di hadapannya, tak diragukan lagi, dia mabuk berat. Di ujung meja, bartender bersandar sambil menyilangkan tangannya. Kenapa pria ini tak segera pergi, pikirnya.

Lalu tiba-tiba seorang perempuan masuk dari arah pintu bar. Ekspresi wajahnya terlihat lelah, tapi matanya terlihat marah. Dengan cepat dia menghampiri pria itu dan menarik tangannya.

“Hey, ayo pulang sekarang…” katanya. Pria itu melihatnya dengan tatapan aneh.

“Kau ini siapa? Aku tak kenal kau,” jawabnya, menyemburkan napas berbau alkohol.

“Jangan begitu, ayo ikut aku… kita bicara di rumah,” kata wanita itu lagi.

Melihat si pria masih bertahan, wanita itu memutar matanya. Dia melihat bartender dengan tatapan minta maaf, “Kami baru bertengkar tadi… maafkan kelakuan suamiku,” katanya. Bartender itu hanya tersenyum mafhum.

Mungkin alkohol sudah menghilangkan kewarasan pria itu sekaligus tenaganya. Karena setelah mencoba cukup keras wanita itu berhasil menyeretnya keluar bar, dan bahkan membawanya agak jauh, ke sebuah gang kecil yang remang-remang.

Setelah yakin tak ada yang bisa melihat mereka, wanita itu menjatuhkan si pria dengan keras. Ekspresinya berubah dingin, tak lagi menunjukkan kelelahan atau permintaan maaf. Dengan cepat dia menggeledah saku celana dan semua kantong yang ada pada jaket pria itu.

“Dapat,” bibirnya menyunggingkan senyum ketika berhasil menarik sebuah dompet tebal dari saku dalam jaket. “Mari kita lihat seberapa kaya dirimu….”

Pria itu setengah tersadar. “Kau bukan istriku… aku tak punya istri,” katanya parau.

Wanita itu tak menggubris ucapannya. Jemari lentiknya sedang sibuk menghitung dan menguras isi dompet si pria. Setelah memasukkan hasil jarahannya ke saku belakang, wanita itu mengecup dahi si pria dengan cepat. Mungkin sebagai ucapan terima kasih.

“Tentu saja, Sayang… tentu saja aku bukan istrimu..” katanya sambil tersenyum manis, lalu melenggang pergi.

– S –

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s