jangan marah, ini semangkuk kutipan untukmu

Salah satu hobi saya selain tidur dan nangkring di atas genteng adalah mengoleksi kutipan. Biasanya saya hanya iseng membaca kutipan-kutipan bagus di internet atau di buku untuk dikoleksi. Tapi seringnya saya membaca kutipan ketika merasa butuh pencerahan.

Iya, pencerahan. Membaca kutipan bagi saya seperti mendengar petuah dari pemikir-pemikir masa lalu. Orang-orang yang tak akan pernah saya kenal, tapi kebijakannya masih bisa saya pelajari. Tak berarti saya selalu setuju dengan kutipan mereka, tapi setidaknya saya bisa melihat sesuatu dari sudut pandang lain dan tak melulu terpaku dengan pikiran saya sendiri.

Mencari dan membaca kutipan akan lebih getol saya lakukan ketika saya memang sedang butuh. Misalkan pas saya lagi sedih, galau, dan masalah internal lainnya yang berkaitan dengan feeling dan tak bisa saya redam sendiri. Membaca kutipan adalah salah satu caranya.

Kali ini, meski sedang tidak marah, saya akan membagi beberapa kutipan. Siapa tahu membaca kutipan-kutipan ini bisa membantumu meredakan marah. Seperti yang pernah dikatakan Thomas Jefferson: “Ketika marah, hitunglah sampai sepuluh sebelum bicara. Jika sedang sangat marah, hitung sampai seratus.”

Well, jika saat ini kau sedang marah, you can start counting to ten… or you can read this quote🙂

“Holding on to anger is like grasping a hot coal with the intent of throwing it at someone else, you are the one who gets burned.” (Buddha)

“Bitterness is like cancer. It eats upon the host. But anger is like fire. It burns it all clean.” (Maya Angelou)

Kebanyakan orang ingin meluapkan amarah karena mereka ingin orang yang ‘bersalah’ mengetahui kesalahannya dan kemarahan yang mereka sebabkan. Tapi, sebelum amarah itu sampai pada orang yang sedang dimarahi, sesungguhnya amarah itu sudah membakar pemiliknya sendiri. Setelah marah, both of you get burned… no one’s save from anger.

“Speak when you are angry – and you’ll make the best speech you’ll ever regret.”
(Dr. Laurence J. Peter)

Yep… itulah kenapa Jefferson menyarankan untuk menghitung sampai seratus (atau seribu jika perlu) sebelum kalian memuntahkan rasa marah dengan kata-kata yang akan kalian sesali seumur hidup. Ingat, kata-kata yang sudah keluar tak bisa ditarik kembali, terutama jika kata-kata yang menyakitkan itu sudah menancap dalam di pikiran dan hati seseorang. Jadi, seperti kutipan terkenal yang entah ditulis oleh siapa:

“The best answer to anger is silence.”

Ketika marah, lebih baik diamlah. Lalu, bagaimana jika ada orang lain yang terlebih dulu membuatmu marah? Pikirkan beberapa kutipan berikut ini.

“Do not let the behavior of others destroy your inner peace.” (Dalai Lama)

“The best fighter is never angry.” (Lao Tzu)

“Anyone who angers you conquers you” (Anonim)

Jangan biarkan perilaku orang lain mengusik kedamaian dalam dirimu dan membuatmu marah. See yourself as a fighter yang tak mudah terprovokasi oleh perilaku orang lain yang sembarangan. Lihat dirimu sebagai petarung yang tangguh, yang tak akan membiarkan orang lain dengan mudah mengalahkanmu dengan kemarahan.

“Respond intelligently even to unintelligent treatment.” (Lao Tzu)

“Never respond to an angry person with a fiery comeback, even if he deserves it…Don’t allow his anger to become your anger.” (Bohdi Sanders)

That’s just how you should respond to an anger. Dan last quote tentang kemarahan…

“Anyone can become angry – that is easy, but to be angry with the right person at the right time, and for the right purpose and in the right way – that is not within everyone’s power and that is not easy.” (Aristotle)

Kalau mau marah, marahlah.. tapi marahlah dengan benar😀

Anyway, saya sepenuhnya sadar bahwa membaca kutipan tak akan membuat kita lebih bijak. And I’m not trying to be so wise here, ’cause I’m still far away of being wise… hanya berharap membaca kutipan ini bisa membantumu meredam amarah dan menjadi lebih tenang. Barangkali saja cara yang biasa saya lakukan ini berhasil juga untukmu. Cheers!😀

– S –

Leave a Reply

