Orang Asing

Semalam, dalam perjalanan naik motor pulang kantor, ada sebuah motor yang dikendarai bapak-bapak merepet ke arah motor saya. Saya — yang dibonceng ayah di belakang– menoleh. Bapak itu tersenyum, kemudian bilang: “Mbak, tasnya kebuka…”

Mulut saya spontan membentuk huruf ‘O’. Dengan cepat saya raba bagian belakang tas. Ah, benar saja, saya lupa menutup ritsleting. Tas saya menganga lebar, mirip buaya kelaparan. Bukan, bukan buaya yang itu, yang lagi main catur sama cicak #eh.

Kembali ke topik. Bapak itu tersenyum, saya juga ikut tersenyum sambil bilang terima kasih. Lalu sepanjang perjalanan pulang saya mikir, kapan terakhir kali ada orang yang melakukan hal itu pada saya? Kapan terakhir kali ada orang asing yang tiba-tiba saja menyapamu, hanya untuk memberitahu sesuatu yang bermanfaat untukmu.

Saya ingat, dulu waktu antrian di ATM lagi rame dan panjang banget, ada bapak-bapak yang ngasih tahu saya: “Mbak, ATM di sebelah sana kosong, bisa dipakai buat ambil tunai juga.” Setelah saya selesai, saya ngasih tahu juga mas-mas yang antri di bagian paling belakang, “Pake ATM di sebelah sana aja Mas, kosong, bisa dipakai ambil tunai.”

It’s a simple gesture. Hal kecil, sekecil ketika kita bilang ke temen kalo ristleting celananya lupa ditutup #eh, cari contoh lain deh… sekecil ketika kita bilang “Eh, tali sepatumu lepas.” pada seorang teman yang kebetulan lewat, karena kita khawatir dia terjatuh saat menginjak tali sepatunya sendiri.

Remeh. Gak sampai lima menit. Gak butuh tenaga banyak buat ngomong. Tapi hal remeh itu menunjukkan bahwa kita peduli. Emang lebih gampang sih buat cuek-cuek aja.

“Halah, biar aja lah ngantri ATM sampe setengah jam ke depan, orang-orangnya juga pasti kuat kok, salah sendiri gak ngecek ATM lainnya, padahal deket tinggal jalan doang.”

“Halah, biarin aja lah. Apa urusannya saya sama mereka. Ngantri lamaan dikit di ATM juga gak bikin mereka mati.”

atau seperti bapak-bapak yang ketemu saya di jalan: “Halah, biarin lah tasnya kebuka, orang keliatan juga gak ada isinya.” (pffft… emang tas saya gak ada isinya sih, cuma selembar notes doang :p )

“Halah, biarin lah… naik motor ini, repot saya ntar pake merepet-merepet ke motor dia. Ntar lagi juga pasti nyampe rumah, gak akan kenapa-kenapa itu tasnya.”

Tapi percayalah… meski lebih mudah untuk cuek, tapi memutuskan untuk tidak cuek lebih bisa membuat perbedaan di keseharian kita. Di jalanan yang penuh dengan klakson kemarahan, decit roda pada aspal, asap kendaraan, suara bising moge yang kebut-kebutan. Di antara semua hal yang membuat kita merasa terasing itu ada orang asing yang menyapa dengan senyuman.

Bayangkan kalau itu kita lakukan lebih sering, pada siapapun di sekitar kita. Bukan berarti harus SKSD (Sok Kenal Sok Dekat) dengan ngajak ngobrol siapapun, atau menjadikan sapaan ini menjadi sarana PDKT, kenalan, atau bahkan nyopet. Gak perlu ngajak ngobrol setiap orang yang kita temui dengan panjang lebar. Tapi ketika tahu ada orang yang membutuhkan, cobalah untuk sedikit peduli. Bahkan sekecil memberitahu ATM yang sedang kosong, atau memberitahu tas mereka terbuka. Kecil bagimu, mungkin bagi mereka juga, tapi efeknya belum tentu kecil.

Oke lah, ada risikonya memang. Kalo cowok ngasih tahu cewek ntar si cewek GeeR, begitu juga sebaliknya. Kalo cowok dan tampang agak serem, ntar dikira copet atau jambret. Tapi ya sudahlah… jangan pikirkan risikonya dulu, yang penting dilakukan dulu. Perkara nanti mereka bilang terima kasih sambil memberi tatapan curiga, bilang terima kasih sambil kedip-kedip genit, atau malah langsung lari gak bilang terima kasih, jangan dipikirkan. Iya, jangan dipikirkan, langsung tulis aja di blog sebagai satu pengalaman lucu, hehe… :p

Jika lebih banyak orang melakukannya, saya rasa orang asing tak akan lagi menjadi benar-benar asing… dan dunia, barangkali akan menjadi lebih ramah🙂

– S –

Leave a Reply

