Perempuan-Perempuan

Hari ini, pagi saya dibuka dengan cerita tentang seorang Mama dari Molo, Nusa Tenggara Timur. Beliau mengajak perempuan-perempuan di desanya untuk menenun bersama di kaki Gunung Nausus, demi menghalau investor yang bernafsu mengeruk marmer dari gunung marga mereka.

Kisahnya mengingatkan saya pada perempuan-perempuan lain:

Tentang seorang ibu di desa Grujugan, Banyumas, yang berupaya mendapatkan air bersih demi kesehatan anak-anak, perempuan, dan warga desa lainnya yang beberapa waktu sebelumnya telah banyak terkena tumor dan kanker, akibat air yang tercampur metal dari limbah tambang pabrik minyak.

Juga tentang seorang ibu dari Solo, menjadi satu-satunya perempuan di meja perundingan laki-laki, yang  secara vokal memperjuangkan hak-hak masyarakat lokal, ketika hotel-hotel yang tumbuh semakin subur di wilayahnya tak hanya merampok air, tetapi juga mencuri masa depan anak-anak gadis mereka.

Dan ibu-ibu dari Kendeng, yang tekad dan keberaniannya untuk lepas dari pasungan semen tentu sudah sampai pada mata dan telingamu juga.

Lalu, saya melihat linimasa di sosial media. Di mana perempuan-perempuan yang sebenarnya tak kalah hebat, masih sibuk beradu pendapat. Membanding-bandingkan, dan bahkan saling menyudutkan: antara yang bekerja dan tak bekerja, yang ASI dan sufor, atau yang melahirkan normal dan caesar.

– S –

3 thoughts on “Perempuan-Perempuan

  1. Empat perempuan yang Mbak ceritakan di awal lebih memedulikan permasalahannya sendiri ketimbang masalah orang lain. Sedangkan orang-orang yang diceritakan di akhir cerita lebih peduli urusan orang lain ketimbang urusan diri sendiri :hehe. Pertanyaannya, bagaimana mungkin mau becus mengurus urusan diri sendiri kalau yang diurus itu masalah orang lain? Hadeh… zaman sekarang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s